Wednesday, 30 November 2011

Khasiat dan manfaat buah dan sayuran mengikut warna



Warna Putih

Tauhu, buah bawang putih, keju rendah lemak, yogurt, susu kedelai dan susu adalah contoh makanan yang berwarna putih. Jenis buah dan sayuran ini sangat bagus untuk tubuh kerana mengandungi banyak flavonoid yang dapat membantu membran sel. Susu rendah lemak juga dapat membantu daya kerja jantung sedangkan kalsium untuk membangun tulang dan menurunkan berat badan.


 Warna Merah

Sayuran dan buah-buahan yang berwarna merah mengandungi banyak pigmen yang berguna untuk melawan penyakit. Jenis buah dan sayuran ini mengandungi likopen, zat yang berperanan menjaga kesihatan sel dan mampu mengurangi risiko kanser. Contoh buah-buahan dan sayuran adalah buah tomato, buah strawberi, buah tembikai, buah epal, buah kranberi, buah ceri, buah anggur merah, bit, dan buah paprika merah. Buah strawberi, buah kranberi, buah ceri, buah anggur merah, bit, dan buah paprika merah mengandungi oksidan paling tinggi.
 


Warna Kuning

Sayuran dan buah-buahan berwarna kuning mengandungi vitamin C yang cukup banyak  untuk melindungi sel tubuh, serta mengandungi potassium yang sangat baik untuk menurunkan tekanan darah tinggi, mengurangi pembentukan plak di arteri, dan berfungsi sebagai pencahar alami. Antara buah-buahan dan sayuran berwarna kuning adalah pisang, jeruk nipis, jeruk manis, anggur, kentang kuning, dan jagung.

 
Warna Hijau

Buah-buahan dan sayuran yang berwarna hijau mengandung sulfarophane, isothiocyanate dan indoles. Meraka berfungsi untuk merangsang level pembuat komponen yang dapat memecah unsur kimiawi penyebab kanser. Semakin gelap warna hijau pada sayuran, semakin banyak klorofil yang dalam kandungannya dan semakin besar pula kebutuhan untuk perlindungan antioksidan. Contoh sayuran hijau adalah seperti brokoli, selada, bayam, bok choi, dan teh hijau. Menurut penelitian teh dapat memberi dorongan pada metabolisme tubuh karana teh mengandung polyphenol dan kafein, yang bersatu untuk membuka proses pembakaran lemak pada nilai kontrol yang berbeda.



 Warna Jingga

Contoh buah-buahan dan sayuran yang berwarna jingga adalah seperti ubi jalar, jeruk squash, wortel, blewah labu, persik, mangga, apricot dan betik. Setiap porsi dari buah-buahan dan sayuran memberi banyak beta karoten yang menyihatkan tubuh serta alpha karoten yang dapat melawan kanser dengan efektif. Setengah mangkuk buah dan sayuran yang berwarna jingga dapat mencukupi kebutuhan vitamin c dalam tubuh. Kandungan serat wortel pula dapat mencegah gula bergegas masuk ke aliran darah yang akan menyebabkan melonjaknya kandungan insulin dalam darah


Warna Coklat

Kebiasaan mengambil bahan makanan berwarna coklat tidak hanya mengenyangkan, malah juga dapat membantu membuang racun penyebab penyakit dalam tubuh. Contoh makanan adalah seperti roti, biji-bijian, sereal, granola, dan kacang-kacangan. Biji-bijian mengandungi banyak vitamin B yang dapat meningkatkan kemampuan tubuh dalam mengubah kalori menjadi tenaga.


Warna Biru dan ungu

Contoh sayuran dan buah-buahan yang berwarna biru ungu adalah buah terung, buah kismis dan buah anggur. Kandungan magnesium pada buah anggur dan buah kismis sangat diperlukan untuk pergerakan feses yang baik. Kulit anggur juga merupakan pencahar (laksatif) yang baik. Ia mengandung air cukup tinggi, sehingga dapat menambah cairan yang diperlukan. Terung dapat menurunkan kadar kolesterol dan asam empedu di dalam usus dan mengantarnya keluar dari tubuh. Selain itu, buah terung juga mengandung pectin penurun kolesterol dalam jumlah cukup banyak.



No comments:

Post a Comment